Morenci – A Wonderful Company Town in Arizona

company town is a place where practically all stores and housing are owned by the one company that is also the main employer. Company towns are often planned with a suite of amenities such as stores, churches, schools, markets and recreation facilities. (~Wikipedia)

Kota perusahaan adalah kawasan dimana hampir semua toko dan perumahan dimiliki oleh satu perusahaan yang juga merupakan perusahaan utama di daerah tersebut. Kota perusahaan biasanya dirancang dengan seperangkat fasilitas seperti toko, gereja, sekolah, pasar dan berbagai sarana rekreasi. (~Wikipedia)

Di dunia ini ada banyak kota perusahaan yang biasanya dibangun oleh perusahaan yang industrinya didirikan di tempat terpencil. Kota perusahaan dibangun dengan tujuan memudahkan para karyawan dan keluarganya supaya bisa hidup mandiri di lokasi kerja yang emang terletak jauh dari  kota terdekat yang sudah ada.

Di Amerika terdapat lebih dari 200 kota perusahaan yang masih ada sampai sekarang. Sedangkan di Arizona sendiri terdapat 4 kota perusahaan yaitu: Ajo, Bagdad, Clardake dan Morenci yang semuanya berkaitan dengan dunia pertambangan. Bulan Juni 2018 yang lalu, si aku berkesempatan untuk berkunjung selama 3 hari 2 malam di Morenci, salah satu dari empat kota tersebut. Ya ampunnn, nggak nyangka sama sekali kalau ternyata kota ini beneran keren banget!

Jarak dari Phoenix (ibukota Arizona) ke Morenci adalah sekitar 210 mile (338km) dan bisa ditempuh melalui perjalanan darat alias naik mobil dalam waktu sekitar 4 jam. Nggak usah khawatir capek ato bosen selama perjalanan, soalnya rute yang ditempuh beneran nggak ngebosenin sama skali. Jalannya mulus, nggak macet, rambu-rambu jalannya jelas dan yang paling penting pemandangannya indah banget! Sambil dengerin lagu dan bersenandung, tiba-tiba udah sampai aja!

20180614_130209 20180614_103130 20180614_115750

Semua fasilitasnya lengkap banget, nggak berasa kalau lagi di area yang sebenernya jauh dari mana-mana. Swalayan buat belanja bisa dibilang lengkap nyediain segala jenis kebutuhan dasar rumah tangga. Starbucks yang katanya warung kopi sungguhan tempat buat nongkrong santai. Bioskop yang harga tiketnya 4 dollar sungguhan ada. Sarana olahraganya fancy abisss! Sekolah dan segala fasilitasnya lengkap mulai dari toddler sampai tingkat SMA. Ahh, pokoknya kepanjangan kalau mau diceritain satu-satu. Tapi kalau kamu penasaran, bisa berkunjung langsung ke website resmi kota-nya di link berikut:

https://www.morencitown.com/

morenci_web

Tapi disamping semua fasilitasnya yang emang keren abis, buat si aku yang paling berkesan adalah rasa kekeluargaan di antara sesama warga kota. Apalagi si aku diterima di keluarga sama kaka & abang kesayangan yang baek banget.

 

Welcome to Morenci

 

Tinggalkan komentar