Seminar World Heart Day 2016 – Tembagapura Papua

Yeayyyy, diawali surat undangan dari International SOS berkenaan dengan kegendutan parah yang terdata di perusahaan, hari ini si aku berkesempatan ikut seminar Jantung & Obesitas. 

Karena temanya kesehatan, snack-nya juga jadi luar biasa sehat seperti gambar di atas. Materi & penyampaiannya pun sangat menarik.

Untuk perhitungan BMI (Body Mass Index) kita bisa ukur di link berikut: http://kumpulan.info/ukuran-berat-badan-ideal

Sesi pertama dibuka oleh dokter Sugih Firman yang membawakan materi Vardio Vascular. Dari penjelasan beliau, si aku baru tahu bahwa segala macam penyakit yang berhubungan dengan hati dan penyumbatan pembuluh darah (khususnya di Tembagapura dari hasil MCU) mayoritas disebabkan masalah berikut: obesitas (70%), hipertensi (52%), kolesterol (51%), merokok (42%), diabetes (9%). Langsung jelas kan kenapa penyakit jantung paling sering dikaitkan dengan masalah kegemukan? hehe. Perlu kita tahu, sekali udah kena penyumbatan pada pembuluh darah, seumur hidup kamu bakal jadi penyandang penyakit ini seumur hidup, nggak banget kan? hix. Faktor penyebab dari penyakit ini ada yang bisa dihindari (sepeeti kurang olahraga, merokok, mengkonsumsi alkohol, atau makanan berlebih) dan tidak dapat dihindari (misalnya umur, jenis kelamin, dan pengaruh genetik). Kalau nggak mau kena resiko pasang “ring” di jantung selamanya, harusnya kita harusnya sudah tau toh apa yang harus dilakukan segera? eaa.

Sesi kedua dilanjutkan oleh nutrisionist Putra Kusuma yang menjelaskan mengenai Makanan Sehat & Seimbang. Awalnya beliau menjelaskan tentang “Piramida Gizi Seimbang”, setiap kita punya kebutuhan asupan makanan sesuai kondisi badan & jenis aktivitas sehari-hari. Berkenan dengan jadwal makan sebaiknya kita mendapatkan asumsi makanan secara teratur 6 kali sehari (sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, makan malam, & susu malam) sehingga tubuh tidak perlu merasakan kelaparan yang biasanya mengarah kepada konsumsi makanan berlebih setiap ada kesempatan. Ada tips juga bahwa urutan makan yang baik adalah: sayur – lauk pauk – nasi (tapi kalau susah bisa sayurnya duluan kemudian lauk pauk+nasi). Cekidot 5 tips menurunkan berat badan yang sehat:

  1. Buatlah target penurunan bb
  2. Makanlah untuk sehat
  3. Minum air putih cukup (untuk air putih kebutuhan manusia adalah 40mLxberat badan-nya sendiri)
  4. Aktif Berolahraga
  5. Istirahat cukup (6-8jam/hari)

Sesi ketiga diisi oleh trainer profesional kebugaran Cahyana & Jafar yang memberikan penerangan seputar Kebugaran (Fitness) untuk Produktivitas Kerja dan Kehidupan yanh lebig baik. Awalnya mereka memberikan tips sederhana untuk stretching setiap 2 jam sekali di kantor dilanjutkan dengan pemaparan materi olahraga sederhana yang mudah untuk dilakukan secara rutin. Intinya olahraga bisa dilalukan dimana saja. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak naik kendaraan kalau jaraknya masih memungkinkan dijangkau dengan berjalan kaki. Olahraga juga bisa dilakukan di rumah, bahkan untuk ke gym/sarana kebugaran lain di Tembagapura juga sangat mudah & gratis! Dengan segudang keuntungan dari olahraga – sehat, awet muda, lebih cakep, dll (kecuali susahnya melawan malesss)  yookk dimulai.. 😂😄😀😉

Buat si aku pribadi: siappp ikut kontes “Biggest Losser Tembagapura” bulan Oktober-Desember 2016. FYI, berat badan si aku per hari ini sekitar 85kg dengan BMI 34 (obese), gwahaha. Can’t wait for the result! LoL 😅😥🙄😁

Terimakasihhhh.. have a good day!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: