PEMIMPIN


sumber gambar: http://andreassenjaya.co.cc

Hehehehe
Jangan kira di sini akan dijabarkan definisi Pemimpin secara spesifik, akurat, terpecaya, & mantap.
Tulisan ini hanya berisi jawaban sederhana saya dalam waktu sekitar 15 menit untuk menjawab 10 soal tugas salah satu mata kuliah di kampus saya. Tapi siapa tahu ada gunanya (hahahaha)
Monggo dilirik….😉

1. Apa definisi pemimpin menurut Bapak/Ibu?
Menurut saya Pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Seseorang yang berkarakter, mau bekerja keras, tidak pantang menyerah, mempunyai tekad yang teguh, selalu berusaha memberikan yang terbaik dari dirinya, juga dapat memberikan rasa nyaman & aman serta dihargai oleh mereka yang dipimpinnya.

2. Menurut Bapak/Ibu apa yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang sukses? Kenapa demikian?

Seorang Pemimpin yang sukses harus memiliki karakter serta keyakinan yang teguh. Dengan demikian dia dapat memimpin dengan baik tanpa rasa ragu atau pun goyah. Dengan tujuan, visi-misi, serta tekad yang kuat, seorang pemimpin dapat membingbing mereka yang dipimpinnya untuk menuju kesuksesan.

3. Apa yang menjadi motivasi Bapak/Ibu untuk menjadi seorang pemimpin?

Dengan menjadi seorang pemimpin, saya ingin membawa mereka yang saya pimpin untuk menggapai kesuksesan. Saya ingin hidup saya dapat menjadi berkat bagi banyak orang melalui apa yang saya lakukan.

4. Gambarkan/jelaskan karakteristik kepemimpinan Bapak/Ibu.
Saya adalah orang yang Idealis namun tetap Fleksibel. Saya akan selalu berusaha melakukan segala sesuatunya dengan baik guna mencapai hasil yang paling optimal. Saya juga mau mendengarkan serta mengayomi mereka yang saya pimpin. Dengan demikian saya tidak hanya menjadi seorang pemimpin, namun lebih menjadi seorang partner bagi mereka yang saya pimpin.

5. Apa tantangan terbesar yang pernah Bapak/Ibu hadapi sebagai seorang pemimpin?

Kadangkala saat menjadi seorang pemimpin, kita akan dihadapkan pada pihak-pihak yang mungkin tidak suka dan berusaha menjegal kita. Di saat seperti ini kita harus pandai-pandai bersikap. Selain itu sering kali kita akan kesulitan saat mengkoordinasi pekerjaan tiap-tiap anggota. Karenanya seorang pemimpin harus cekatan dalam membina hubungan serta menggkoordinasi setiap elemen yang dipimpinnya.

6.Apa yang Bapak/Ibu paling tidak sukai dalam menjalankan fungsi sebagai seorang pemimpin? Kenapa?
Sebagai seorang pemimpin terkadang saya khawatir akan diri saya sendiri. Saya takut mengecewakan orang-orang yang saya pimpin maupun mereka yang telah memilih saya.

7. Bagaimana Bapak/Ibu membimbing TIM agar mencapai tujuan/mendapatkan hasil?
Saya akan menjadi pemimpin yang berkarakter. Memimpin, mengayomi, serta mampu berkoordinasi dengan mereka yang saya pimpin.

8. Ceritakan saat dimana Bapak/Ibu menghadapi situasi yang kritis yang bisa berpengaruh besar terhadap organisasi yang Bapak/Ibu pimpin. Apa yang Bapak/Ibu lakukan sebagai seorang pemimpin dalam mengatasi situasi kritis tersebut?

Saat saya menjadi direktur Internal di sebuah unit yang ada di ITB, sekretariat tempat kami berorganisasi mengalami kebanjiran. Pada waktu tersebut tidak ada anggota divisi saya yang bisa datang, namun bila dibiarkan barang-barang di sekretariat tersebut (khususnya elektronik) bisa segera rusak. Akhirnya saya dan beberapa teman yang tidak tergabung dalam divisi Interal yang seharusnya bertanggung jawab untuk urusan ini berinisitif untuk segera membereskan masalah ini. Akhirnya meskipun tanpa didampingi anggota divisi, masalah ini dapat segera teratasi.

9. Bagaimana prinsip Bapak/Ibu dalam hal pendelegasian wewenang dan tanggung jawab kepada bawahan?
Pada dasarnya saya tidak mengganggap mereka yang berada di bawah garis kepemimpinan saya sebagai seorang bawahan, saya lebih menggap mereka sebagai “rekanan kerja”. Karenanya dalam pendelegasian wewenang dan tanggung jawab saya juga akan lebih bersifat fleksibel serta memberi kepercayaan yang didasari rasa tanggung jawab.

10. Bagaimana Bapak/Ibu melakukan pengambilan keputusan?
Setiap keputusan yang saya ambil adalah atas dasar pertimbangan yang masak dan berdasarkan pada data-data yang akurat serta sudah melalui tahap mendengaran aspirasi dari mereka yang saya pimpin. Keputusan tersebut adalah yang terbaik bagi semua pihak, bukan hanya untuk kepentingan saya semata saja.

=ora et labora=

3 Komentar (+add yours?)

  1. endah reni
    Jan 20, 2010 @ 08:38:09

    Setiap dari kita adalah pemimpin,dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya

    Menjadi pemimpin bukan suatu pilihan tapi adalah sebuah tanggung jawab dari Tuhan dan Tuhan gak akan memberikan tanggung jawab diluar kemampuan seseorang.

    Manteb Ce,semangat kawan!!!!!

    Balas

  2. Tomy Linelejan
    Feb 16, 2010 @ 16:27:19

    Klo ada pemimpin artinya ada yg di pimpin..xixixi.. Piss

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: